SPS Dukung Persaingan Sehat Perusahaan Pers

Standar

KOTA SERANG| Peran pers dalam mencerdasakan kehidupan masyarakat di Provinsi Banten sangat penting. Karenanya sinergitas antar perusahaan media massa, baik media cetak maupun media online yang ada di Provinsi Banten sangat diperlukan. Guna meningkatkan sinergitas antar perusahaan media massa yang ada di Banten, Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Banten menggelar pertemuan akhir tahun, Rabu (30/11), di Rumah Makan Ampera Serang.

Pertemuan yang dihadiri para pemimpin media massa cetak dan online yang ada di Provinsi Banten tersebut, membahas beberapa program yang akan dilaksanakan tahun 2012 mendatang. Tercatat, empat media cetak harian, sembilan media cetak mingguan, satu majalah bulanan dan dua media online.

Menurut perwakilan Harian Umum Kabar Banten Eko Suhardi, peran Serikat Perusahaan Pers (SPS) sangat penting dalam mendukung manajemen pers yang sehat dan profesional. Selain itu, melalui SPS, bisa disepakati beberapa regulasi yang bisa menciptakan persaingan usaha antar perusahaan pers yang ada di Banten.

“Melalui SPS, saya kira bisa kita rumuskan beberapa hal terkait dengan persaingan usaha antar perusahaan pers. Misalnya, kita rumuskan standar harga iklan,” ujar Eko, yang kini menjabat Manajer Pemasaran HU Kabar Banten.

Dikatakan Eko, ke depan SPS harus lebih eksis dan bermanfaat bagi anggotanya yang notabene perusahaan pers. SPS Cabang Banten, harus memberikan edukasi bagi perusahaan-perusahaan pers yang ada, agar bisa bersaing secara sehat.

Sementara itu, Sekretaris SPS Cabang Banten Firdaus, menyatakan pertemuan akhir tahun merupakan sebuah sarana evaluasi bagi organisasi SPS Cabang Banten. Terlebih pasca kongres di Bali, peran serikat perusahaan pers semakin luas tidak hanya mencakup media cetak saja, melainkan juga media online.

“Pasca kongres, keanggotaan SPS tidak hanya mencakup media cetak, tetapi juga perusahaan pers di luar media cetak,” ujarnya.

Menurut Ketua SPS Cabang Banten Priyo Susilo, peran Serikat Perusahaan Pers (SPS) sangat penting dalam menciptakan persaingan yang sehat, sekaligus menjadi wadah komunikasi perusahaan pers yang tergabung dalam organisasi SPS.

“Saya berharap, melalui SPS kita bisa bersinergi dalam memajukan pembangunan di Provinsi Banten melalui media massa, baik media online maupun media cetak,” ujarnya.

Priyo juga mengungkapkan, pada 2012 nanti, SPS Cabang Banten mengagendakan pertemuan rutin, pendataan ulang anggota, pembuatan buku direktori perusahaan pers di Banten dan melaksanakan pelatihan manajamen perusahaan pers bagi anggota.

 

Pelatihan manajemen perusahaan pers, dimaksudkan agar perusahaan pers yang ada di Banten dan menjadi anggota SPS Cabang Banten bisa lebih maju, sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Provinsi Banten.

“Kita juga akan melaksanakan pelatihan manajemen perusahaan pers, bagi anggota yang ingin meningkatkan perusahaannya agar lebih maju dan profesional,” kata Priyo.  PO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s