Forum UPT Laksanakan Workshop Guru Bahasa Inggris

Standar

Forum UPT Pendidikan Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan Workshop dan pelatihan peningkatan mutu pembelajaran bahasa Inggris untuk guru SD se Kota Tangerang Selatan berteempat di aula Gedung UPT Pamulang. Workshop yang berlangsung selama sehari mulai jam 09.00 sampai selesai.  Di era globalisasi seperti sekarang ini, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, peran bahasa terutama bahasa Inggris menjadi sangat penting. Untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut.

Workshop dan pelatihan yang di ikuti kurang lebih 50 guru se Kota Tangerang Selatan ini, karena guru memiliki peran sentral sebagai pembimbing, fasilitator, model dan manajer di sekolah yang harus ditingkatkan melalui pelatihan – pelatihan yang berkompetensi.

Ketua Forum UPT Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Drs Sanaman, M.Pd mengungkapkan, pelatihan ini ditujukan kepada para guru agar nantinya bisa memberikan pembelajaran yang baik untuk pendidikan siswa sekolah dasar di Kota Tangerang Selatan.

Peningkatan kompetensi bagi guru-guru bahasa Inggris menjadi penting terutama bagaimana mereka dapat mengorganisasikan kelas menjadi kelas yang menarik ketika mengajarkan pelajaran bahasa Inggris. Mengajarkan bahasa Inggris memang diperlukan teknik-teknik tertentu agar siswa dapat aktif mengikuti pelajaran di kelas.  Pembelajaran yang interaktif  akan menjadikan siswa senang mengikuti  pelajaran bahasa Inggris dengan baik. Untuk itu, guru bahasa Inggris harus mampu menciptakan suasana kelas yang aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung.

“Pada workshop ini, guru-guru Bahasa Inggris dibekali teknik-teknik mengajarkan bahasa Inggris sehingga mereka dapat menguasai  cara mengajarkan materi secara menarik dan interakif,” ujarnya

Peserta yang sebagian besar ibu-ibu ini sangat antusias mengikuti workshop  yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 14.00 WIB ini.Para peserta dibekali berbagai meteri yang harus dikerjakan secara kelompok yang hasilnya dikumpulkan lagi pada kegiatan berikutnya.

“Workshop semacam ini sangat bermanfaat karena kami diberikan banyak sekali teknik mengajarkan secara interaktif dan akan kami aplikasikan teknik tersebut ketika mengajar nanti di kelas,” ujar salah seorang guru.

Sementara itu, seorang nara sumber  dari Pusat Kurikulum Kemendikbud Drs  Ambari Sutardi MA, pendekatan guru kepada siswa turut membantu siswa untuk memotivasi pembelajaran, terutama pembelajaran bahasa Inggris.  Mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang dipilih sebagai muatan lokal. Melalui workshop dan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Inggris untuk guru SD, serta kualitas kerja dan proses belajar mengajar dapat ditingkatkan. SU

Ketua Forum UPT Drs Sanaman bersama Sugeng salah seorang nara sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s